Pengertian Marketing Mix - Apa itu marketing mix ? istilah marketing mix (Bauran Pemasaran) merupakan ungkapan umum strategi yang digunakan dalam pemasaran untuk menentukan dan menawarkan produk atau jasa yang sering dikaitkan / cara yang digunakan adalah unsur 4P yaitu Price, Product, Promotion dan Place.
Tapi saat ini 4P yang digunakan dalam melakukan marketing mix sudah ditingkatkan lagi menjadi 7P karena beberapa faktor, salah satunya adalah untuk mengatasi sifat dan situasi yang berbeda dalam pelayanan dan 3 point baru tersebut adalah :
- People/Partisipant
- Process
- Psychal Environment/Evidence
Konsep 7P dalam Marketing Mix
Agar lebih mudah untuk dipahami, mari kita simak ulasan tentang unsur 7P yang digunakan dalam marketing mix.
Price
Dengan menentukan harga produk yang sesuai dengan kondisi pasar akan mudah diterima oleh konsumen.
Product
Jika berbicara mengenai produk yang anda tawarkan, yang patut anda perhatikan sebelum dipasarkan adalah kualitas produk itu sendiri, dan ini merupakan salah satu faktor agar konsumen merasa puas dan menaruh reputasi yang baik terhadap produk anda.
Promotion
Salah satu strategi untuk mengenalkan produk anda kepada konsumen adalah dengan melakukan promosi, ini akan membuat konsumen memahami lebih detail tentang barang atau jasa yang anda tawarkan.
Place
Place sendiri sering diartikan dengan saluran distribusi, yaitu memindahkan produk disertai hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai.
People/Partisipant
Yang dimaksud dengan partisipan adalah yaitu orang yang ikut terlibat baik langsung maupun tidak langsung pada proses layanan itu sendiri. Misal : Partisipan dalam rumah makan yaitu : koki, pramusaji, kasir dan bahkan tukang sayur.
Process
Untuk menunjukkan bagaimana proses pelayanan yang diberikan terhadap konsumen pada saat terjadi pembelian produk kita.
Psychal Environment/Evidence
Istilah lingkungan fisik merupakan gambaran dari kondisi atau keadaan didalamnya, termasuk juga dengan suasana. Contoh situasi dan kondisi lingkungan institusi, geografi, dekorasi ruangan, cahaya yang terpancar, suara dan aroma, cuaca, yang dijadikan sebagai obyek stimuli.
Itulah tadi Definisi dan konsep 7P dalam penggunaan Marketing Mix dimana sering digunakan sebagai alat yang efektif untuk kesuksesan sebuah usaha.
0 komentar:
Posting Komentar